CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Tuesday, March 8, 2011

Perbedaan Lemon & Lime

Jeruk nipis (lime) dan lemon itu berbeda.
Karena penampilan dan rasanya yg hampir sama, jeruk nipis dan lemon sering menyebabkan kerancuan.
Pohon jeruk nipis dan lemon pun hampir sama. Keduanya memiliki karakter menyerupai perdu, tumbuh tak terlalu tingggi, bercabang melebar. Di antara keduanya hanya tdp perbedaan kecil2, terutama besarnya buah.
Jeruk nipis, bentuknya bulat dgn warna hijau mengkilat. Daging buahnya putih kekuningan. Cita rasanya sangat asam dengan sedikit pahit. Air jeruk nipis banyak digunakan sebagai penghilang amis ayam atau ikan, bumbu masakan dan campuran minuman.

Sedangkan lemon memiliki bentuk buah yg lbh besar, oval dan berwarna kuning mengkilat. Cita rasanya asam dan aromanya pun lbh harum. Daging buah dan kulit lemon cocok digunakan utk campuran kue, kue kering dan minuman.
SITRUN / LEMON
Sitrun, jeruk sitrun (dari bahasa Belanda, citroen), atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.
Pohon berukuran sedang ini (dapat mencapai 6 m) tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun dibudidayakan di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F).
Beberapa kultivarnya antara lain 'Eureka', 'Lisbon' dan 'Meyer'. (sumber: wikipedia)

JERUK NIPIS / LIME
Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, umumnya mengandung daging buah masam, agak serupa rasanya dengan lemon.
Jeruk nipis, yang sering dinamakan secara salah kaprah sebagai jeruk limau, dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan, seperti pada soto. Fungsinya sama dengan cuka. Sebagai bahan obat tradisional, perasan langsung buah jeruk nipis dipakai sebagai obat batuk, diberikan bersama dengan kapur untuk menurunkan demam. Perasannya juga dipakai sebagai obat batuk. (sumber: wikipedia)

0 comments:

Post a Comment