CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Friday, April 20, 2012

Al-Kahfi di Jum'at pagi

Karena follow twitter ibu Irna La Perle dan beliau sering mengingatkan untuk membaca surat Al-Kahfi di hari Jum'at, Alhamdulillah jadi ikut"an. Karena penasaran, googling juga mengapa begitu istimewanya membaca Surat ke-18 dalam Al-Quran tsb. Berikut copasannya dari blog tetangga :)

Pada kesempatan ini saya akan mengingatkan kembali pada saudaraku sesama muslim tentang keutamaan membaca Surah Al Kahfi di hari Jumat. Baik itu pada malam jumat maupun hari Jumat. Membaca surat Al Kahfi adalah suatu hal yang sangat dianjurkan (mustahab) di hari Jumat karena kandungan pahala yang sangat besar sebagaimana Hadist Rasulullah SAW

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

Selanjutnya disebutkan pula dalam hadist yang lain :

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Berdasarkan kedua hadist diatas maka dapat dilihat dengan jelas keutamaan membaca surah Al Kahfi baik pada malam jumat maupun pada hari Jumat.

Dan keistimewaan hari Jum'at dapat dilengkapi dengan amalan-amalan yang disyari'atkan pada hari Jum'at. Infonya saya copas lagi dari website www.muslimah.or.id sbb:
  1. Memperbanyak shalawat
  2. Membaca surat Al Kahfi
  3. Memperbanyak do’a (HR Abu Daud)
  4. Amalan-amalan shalat jum’at (wajib bagi laki-laki)
 Semoga Bermanfaat. :)



0 comments:

Post a Comment